home about linkies tutobies


Looking for what?!



Welcome to My Blog


Assalamualaikum.
I'm Lintang.
I come from Indonesia.
Thankyou for visiting my blog
Hope you enjoy my posts : )

Here's my social media links, thankyou.



Leave your footprint here




A R C H I E V E




© 2014 - Skins by Yuki. Bascode by Dhy. and Edited by Alya. And i edited this for last.

Cute icons are from Pixeliette
Selasa, 05 November 2013 | 0 Comments

Assalamualaikum!
Yey! Hari ini kita tahun baruan! Bukan tahun baru masehi,loh. TAHUN BARU HIJRIYAH. Camkan itu. Tahun ini yang ke 1435 kan? Heheheheh. Berarti libur dong :D *modus*

Oiya, sekedar mengingatkan, tahun baru Hijriyah ini dibuat berdasarkan tahun pertama Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah untuk menyebarkan dakwah islam. Betul gak? Heheheheh. Tahun baru islam (hijriyah) ini juga disebut dengan TARIKH ISLAM. Tahun baru hijriyah ditetapkan oleh Khalifah Umar bin Khattab Ra. Sejarahnya? Gini..

   Menurut riwayat para ulama ahli tarikh yang masyhur, tarikh Islam mula-mula ditetapkan oleh Umar bin Khattab r.a. ketika ia menjadi khalifah pada tahun 17 Hijrah. Menurut kisahnya, hal ini terjadi disebabkan pada suatu hari Umar menerima sepucuk surat dari sahabatnya, Abu Musa Al-Asy’ari r.a. tanpa dibubuhi tanggal dan hari pengirimannya. Hal itu menyulitkan bagi Umar untuk menyeleksi surat yang mana terlebih dahulu harus diurusnya, sebab ia tidak menandai antara surat yang lama dan yang baru. Oleh sebab itu, Umar mengadakan musyawarah dengan orang yang terpandang dikala itu untuk membicarakan serta menyusun masalah tarikh Islam.

   Dalam musyawarah tersebut ada beberapa pilihan tahun bersejarah sebagai patokan untuk memulai tarikh Islam tersebut yaitu: tahun kelahiran Nabi Muhammad, tarikh kebangkitannya menjadi Rasul, tahun wafatnya, atau ketika Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah. Diantara pilihan tersebut maka akhirnya ditetapkanlah bahwa dimulai dari hari berpindahnya (hijrahnya) Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah menjadi awal tarikh Islam yaitu awal tahun Hijriyah, sebagaimana dahulu telah ditetapkan bahwa, hari Nabi Isa a.s. dilahirkan ditetapkan sebagai awal tahun Miladiyah atau Masihiyah.

   Kemudian setelah permulaan tahun itu diputuskan, maka dimusyawarahkan pula bulan apa yang baik dipergunakan untuk tiap-tiap awal tahun tersebut.Akhirnya setelah dipilih maka ditetapkanlah bahwa bulan Muharramlah yang dipergunakan untuk permulaan tahun Islam.

      Kenapa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW ditetapkan sebagai permulaan Tarikh Islam (Tahun Hijriah)?
Hijrahnya Nabi sangat besar artinya dalam sejarah perkembangan da’wah Islamiyah. Karena setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, da’wah Islam mulai mencapai kejayaannya yang gemilang. Kalau sebelum hijrah ummat Islam adalah golongan yang ditindas dan disiksa oleh kaum Musyrikin, maka setelah Nabi hijrah kaum muslimin telah mempunyai kedudukan yang kuat dan telah terbentuk sebuah negara Islam yang memiliki peraturan, pimpinan serta undang-undang tersendiri. Oleh karena itu diharapkan peristiwa hijrah akan dikenang oleh umat Islam pada tiap-tiap tahun bagaimana perjuangan yang gigih dan pengorbanan tenaga dan jiwa raga Nabi serta para sahabatnya dalam meneggakkan Islam. Disamping itu hijrah Nabi juga menunjukkan bahwa Allah memisahkan dan membedakan antara yang haq dan yang bathil, membedakan mana yang benar dan mana yang salah.


      Terus, kenapa Bulan Muharram dijadikan bulan pertama bagi tahun Hijriah?
Pada dasarnya sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi keluar dari kota Mekkah pada hari kamis akhir bulan Shafar, dan keluar dari tempat persembunyiannya di Gua Tsur pada tanggal 2 Rabi’ul Awwal (20 September 622 M) untuk menuju ke Madinah. Dan menurut al-Mas’udi, Rasulullah memasuki Madinah tepat pada malam hari 12 Rabi’ul Awwal. Sementara Umar dan para sahabat-sahabatnya menetapkan awal bulan hijriyah adalah bulan Muharram bukannya bulan Rabi’ul Awwal adalah semata-mata memandang bahwa bulan Muharram adalah bulan yang mula-mula Nabi berniat untuk berhijrah. Selain itu di bulan Muharram ini pulalah para jama’ah haji baru selesai mengerjakan ibadah haji dan pulang kenegerinya masing-masing. Dengan adanya keputusan yang demikian itu, seolah-olah hijrah Nabi jatuh pada bulan Muharram dan dipandang patut sebagai permulaan tahun didalam Islam.


Gitu. Hahahah. Ketauan copasnya ya? Iya deh aku ngaku. Ini credit to : STMIK AMIK Bandung. Oiya, kalian hafal gak nama-nama bulan islam? Jangan taunya bulan masehi aja ya! Sebagai umat islam yang baik kita harus hafal dong nama bulan-bulan islam. Ini dia nama bulan-bulan islam plus sedikit asal usul namanya :

 MUHARRAM. Artinya : diharamkan atau dilarang. Pada bulan Muharram ini dilarang berperang.

 SHAFAR. Artinya : Kosong. Karena pada bulan itu dahulu para lelaki arab pergi meninggalkan rumah untuk merantau, berdagang, dan sebagainya. Sehingga pemukiman mereka kosong dari laki-laki.

 RABI'UL AWAL. Berasal dari kata rabi' (menetap) dan awal (pertama). Yaitu masa kembalinya kaum lelaki ke rumah mereka. Beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan ini : lahirnya Nabi Muhammad SAW, diangkatnya beliau sebagai Rasul, hijrahnya beliau, dan wafatnya beliau juga di bulan ini.

 RABI'UL AKHIR. Masa menetapnya kaum lelaki untuk terakhir kalinya.

 JUMADIL AWAL. Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama). Bulan ini adalah awal musim kemarau.

 JUMADIL AKHIR. Bulan ini adalah bulan berakhirnya musim kering.

 RAJAB. Artinya mulia. Bulan ini sangat dimuliakan oleh orang Arab tempo dulu. Dahulunya pada bulan ini dilarang berperang.

 SYA'BAN. Artinya berkelompok. Pada bulan ini masyarakat Arab dulunya berkelompok untuk mencari nafkah. Peristiwa penting pada bulan ini adalah perpindahan qiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah.

 RAMADHAN. Artinya sangat panas. Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang tersebut dalam Al-Quran, Satu bulan yang memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan. Hal itu dikarenakan peristiwa-peristiwa peting seperti: Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul Qadar, yakni malam yang sangat tinggi nilainya, karena para malaikat turun untuk memberkati orang-orang beriman yang sedang beribadah, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaurn muslimin dapat rnenaklukan kaum musyrik dalarn perang Badar Kubra dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad saw berhasil mengambil alih kota Mekah dan mengakhiri penyembahan berhala yang dilakukan oleh kaum musyrik.

 SYAWAL. Artinya kebahagiaan. Disebut begitu karena kembalinya manusia kedalam kesucian setelah berpuasa dan membayar zakat.

 DZULQAIDAH. Berasal dari kata dzul (pemilik) dan qaidah (duduk). Bulan ini merupakan waktu istirahat bagi laki-laki arab dulunya. Mereka menikmatinya dengan cara duduk-duduk di depan rumah mereka.

 DZULHIJJAH. Artinya orang-orang yang menunaikan ibadah haji. Dinamakan begitu karena pada bulan ini sejak zaman Nabi Adam as. orang-orang menunaikan ibadah haji.

Cr to :Ziaul Muhammad                            

                                                       
Okee.. sekian lah. Capek aku. Lapar. Hahahah. Papai, assalamualaikum!!
                                                                                                        

Posting Komentar

Napa? Bingung? Ndak ngerti? Mau copas?
Komen lah ha komen~